top of page

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Apakah Telemedicine diatur di Indonesia?
    Telemedicine di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedis Melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Pada April 2020, Konsil Kedokteran Indonesia mengeluarkan Peraturan KKI 74 tentang penggunaan pengobatan melalui telemedicine selama pandemi.
  • Apa itu Doctor Anywhere?
    Doctor Anywhere adalah perusahaan layanan kesehatan omnichannel regional yang didukung teknologi, dengan misi membuat layanan kesehatan menjadi sederhana, mudah diakses, dan efisien untuk semua orang. Platform digital Doctor Anywhere menjembatani kesenjangan dalam ekosistem perawatan kesehatan melalui teknologi dan inovasi, memungkinkan pengguna untuk mengelola kesehatan mereka dengan mudah dan efektif melalui aplikasi seluler DA. Berkantor pusat di Singapura dan hadir di lima negara di seluruh kawasan, Doctor Anywhere kini melayani lebih dari 2,5 juta (dan terus bertambah) pengguna di seluruh Asia Tenggara.
  • Layanan apa saja yang disediakan oleh Doctor Anywhere?
    Layanan kami meliputi konsultasi video dengan dokter praktik berlisensi lokal dalam hitungan menit kapan saja, di mana saja, dengan obat yang dikirim ke depan pintu; belanja kesehatan dan kebugaran di DA Marketplace; dan akses ke daftar lengkap penyedia layanan kesehatan DA Network, termasuk dokter, spesialis, klinik, rumah sakit, apotek, dokter gigi, perawatan tambahan, dan banyak lagi.
  • Siapa yang bisa menggunakan Doctor Anywhere?
    Untuk layanan konsultasi video Dokter Umum kami, siapa pun dengan kondisi medis yang tidak mendesak dapat digunakan. Namun, pasien di bawah usia 16 tahun harus didampingi oleh orang tua selama konsultasi video.
  • Bisakah saya menggunakan Doctor Anywhere untuk anak saya?
    Ya. Harap buat akun terpisah untuk anak Anda. Jika anak Anda berusia di bawah 16 tahun, pastikan juga untuk menemaninya selama konsultasi video.
  • Jenis perangkat seluler atau komputer apa yang saya perlukan untuk menggunakan aplikasi Doctor Anywhere?
    Layanan kami tersedia melalui aplikasi kami di ponsel yang mendukung Android atau iOS. Pengguna Android harus memiliki Android 4.1.2 atau versi yang lebih baru untuk memasang dan menggunakan aplikasi kami, dan akan memerlukan layanan google play yang terpasang di perangkat. Pengguna iOS harus memiliki iOS 9 atau versi yang lebih baru untuk menginstal dan menggunakan aplikasi kami.
  • Siapa yang dapat saya hubungi jika saya tidak puas dengan pengalaman, layanan, atau pembelian saya?
    Kami menyesal mendengar pengalaman Anda yang tidak menyenangkan. Jika Anda ingin berbagi detail dengan kami, silakan hubungi tim Dukungan Pelanggan kami di [masukkan nomor telepon]. Kami ingin mendengar dari Anda dan menawarkan bantuan dengan cara apa pun yang kami bisa.
  • Apakah data pribadi saya aman di platform?
    Ya, kami menjaga kerahasiaan dengan sangat serius. Platform kami menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk menjaga keamanan informasi Anda. Data pasien dan rekam medis kami sesuai dengan PP 71/2019, Peraturan MCI 20/2016 dan Peraturan MCI 5/2020. Catatan ini hanya dapat diakses oleh penyedia layanan kesehatan yang terlibat langsung dalam perawatan pasien, dan untuk mendukung proses internal.
  • Apakah Anda memiliki Kebijakan Privasi?
    Ya, kami memiliki kebijakan privasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan klik tautan ini: https://doctoranywhere.com/privacy-policy/
  • Bagaimana cara membuat akun?
    Sebelum membuat akun, Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Doctor Anywhere melalui Google Play atau App store. Selanjutnya, klik pada aplikasi dan pilih untuk masuk melalui akun Facebook Anda, akun Google, atau dengan memasukkan detail Anda secara manual. Membuat akun gratis - Anda hanya akan dikenakan biaya saat berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan atau melakukan pembelian di aplikasi kami.
  • Bagaimana cara memperbarui detail saya di aplikasi?
    Untuk memperbarui detail Anda, masuk ke aplikasi dan klik tab "Profil" di panel bawah layar. Selanjutnya, klik tab "Info Saya" dan pilih item yang ingin Anda perbarui. Setelah Anda memperbaruinya, klik tombol "simpan" dan detail Anda akan diperbarui.
  • Bagaimana saya bisa mengakses dokumen medis saya di aplikasi?
    Untuk mengakses riwayat medis dan dokumen Anda, klik tab “riwayat” dan Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi semua catatan medis masa lalu Anda di platform. Anda dapat memfilternya menurut jenis dokumen, konsultasi, dan pembelian. Untuk melihat dokumen Anda, klik pada rekam medis yang dipilih untuk melihat detail lebih lanjut, dan gulir ke bawah untuk menemukan dokumen Anda. Klik “lihat” untuk melihat dokumen dalam aplikasi dan klik “email” untuk mengirim dokumen melalui email ke email terdaftar Anda.
  • Bagaimana cara kerja konsultasi video dengan Dokter Umum?
    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter di platform kami untuk diagnosis, saran medis, dan rujukan terkait penyakit tidak umum, jika sesuai. Sebelum setiap konsultasi video, Anda harus mengisi survei pra-konsultasi yang mencakup pertanyaan tentang gejala, riwayat kesehatan, dan detail pembayaran Anda. Platform kami tidak melayani kondisi serius yang memerlukan perhatian medis mendesak di unit gawat darurat terdekat di rumah sakit. Dokter kami dilatih untuk mengidentifikasi kasus mendesak yang tidak cocok untuk konsultasi video. Dokter kami akan meninjau setiap kasus dalam waktu dua menit dari setiap konsultasi video untuk menilai apakah konsultasi tersebut cocok untuk dilakukan. Jika dianggap tidak cocok, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi fisik baik di kliniknya atau klinik pilihan Anda, dan Anda tidak akan dikenakan biaya untuk konsultasi video. Semua dokumen yang telah dikeluarkan oleh dokter, seperti sertifikat medis, dokumen rujukan, serta tanda terima, akan tersedia dalam aplikasi setelah setiap konsultasi.
  • Apa kondisi medis yang cocok untuk konsultasi video dengan Dokter Umum?
    Banyak penyakit umum dan kondisi kronis dapat diobati secara efektif melalui konsultasi video. Berikut ini adalah beberapa kondisi medis tersebut. Untuk kondisi yang tidak ada dalam daftar, dokter akan menilai riwayat kesehatan Anda, gejala saat ini, dan dokumen lain yang tersedia untuk menentukan apakah kondisi Anda sesuai untuk konsultasi video. Penyakit Umum: • Demam • Batuk, sakit tenggorokan, atau radang tenggorokan • Diare / Muntah • Flu / Pilek • Sinusitis • Ruam dan kondisi kulit • Luka dingin • Sakit kepala • Pusing / Pusing • Mata merah Kondisi Kronis: • Diabetes • Hipertensi • Hiperlipidemia • Migrain • Asam urat • Dismenore • Sakit Punggung Kronis • Penyakit sekunder lain yang mungkin timbul dari kondisi penyakit kronis yang disebutkan di atas (misalnya Penyakit Iskemik, Penyakit Arteri Perifer, dll.)
  • Kondisi seperti apa yang TIDAK cocok untuk konsultasi video dengan Dokter Umum?
    Gejala berikut adalah beberapa kondisi yang tidak sesuai untuk konsultasi online: • Sesak napas • Nyeri dada akut atau parah • Pendarahan aktif atau luka dalam atau laserasi • Psikosis atau delusi • Pikiran untuk bunuh diri • Muntah terus menerus • Sakit perut parah • Ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar atau buang air kecil • Sakit kepala parah atau pusing • Tiba-tiba mati rasa, lemas, atau bicara tidak jelas • Mantra pingsan, prasinkop, atau sinkop • Cedera dengan dugaan patah tulang atau dislokasi yang ditandai dengan nyeri hebat, luka terbuka, kelainan bentuk, memar atau pembengkakan parah, kehilangan sensasi, dan kelemahan anggota badan • Tiba-tiba kehilangan penglihatan Daftar ini tidak lengkap. Kami ingin menjelaskan bahwa layanan Doctor Anywhere hanya menangani masalah kesehatan yang tidak serius dan tidak boleh digunakan dalam keadaan darurat perawatan kesehatan. Dalam kasus seperti itu, silakan pergi ke departemen Kecelakaan & Darurat di rumah sakit terdekat atau segera hubungi 118.
  • Apa yang harus saya persiapkan terlebih dahulu sebelum memulai konsultasi video?
    Kami perlu memverifikasi nama dan identitas Anda di awal konsultasi. Harap siapkan kartu identitas atau nomor paspor Anda untuk proses verifikasi. Tidak ada resep, rujukan, atau sertifikat medis yang dapat diberikan kepada siapa pun yang tidak menggunakan identitas asli atau menggunakan identitas palsu. Dokter perlu memverifikasi nama dan identitas Anda pada awal konsultasi. Harap siapkan kartu identitas atau paspor Anda untuk verifikasi identitas Anda. Peralatan Medis (Opsional) Peralatan berikut mungkin berguna untuk Anda bawa selama konsultasi video dengan Dokter Umum: • Termometer untuk mengukur suhu • Pentorch atau ponsel dengan fungsi senter untuk menerangi dan memberikan visualisasi bagian tubuh yang lebih baik selama pemeriksaan • Mesin tensi darah untuk memeriksa tekanan darah dan detak jantung • Glucometer bagi penderita diabetes untuk memeriksa kadar glukosa darah kapiler atau hipohitung • Timbangan untuk memeriksa berat badan • Perlengkapan lain yang menurut Anda akan berguna untuk konsultasi
  • Dapatkah resep elektronik saya digunakan untuk membeli obat dari apotek eceran?
    Anda dapat menggunakan resep elektronik dari platform Doctor Anywhere untuk membeli obat dari apotek, sebagaimana diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia.
  • Siapa penyedia layanan kesehatan di Doctor Anywhere?
    Semua dokter di platform Doctor Anywhere kami sepenuhnya terdaftar di Konsil Kedokteran Indonesia (Knosil Kedokteran Indonesia) dan memiliki izin praktik yang sah dari otoritas pemerintah setempat. Mereka juga menjalani proses penyaringan dan pemeriksaan yang ketat sebelum mereka diterima untuk bergabung dengan Doctor Anywhere.
  • Bisakah saya memilih penyedia layanan kesehatan?
    Ya, cukup klik "cari GP" dan gulir daftar untuk memilih penyedia. Ada juga bilah pencarian yang tersedia jika Anda memiliki nama dokter atau nama klinik. Anda juga dapat memilih penyedia yang sebelumnya telah Anda konsultasikan di Doctor Anywhere jika penyedia tersebut tersimpan dalam daftar "Penyedia Favorit" Anda. Anda dapat menambahkan penyedia ke daftar favorit Anda dengan mengklik ikon hati di sebelah profil dokter yang sesuai.
  • Apakah konsultasi video direkam?
    Konsultasi video tidak akan direkam oleh administrator, pasien, dokter, atau pihak lain mana pun. Setiap pelanggaran terhadap ini merupakan pelanggaran privasi dan undang-undang kerahasiaan antara dokter dan pasien dan pelaku dapat dikenakan tuntutan. Oleh karena itu, kami mohon pengertian Anda bahwa Anda juga tidak diperbolehkan untuk merekam konsultasi sebagian atau seluruhnya.
  • Apakah layanan konsultasi video dapat diklaim berdasarkan paket asuransi saya?
    Perusahaan asuransi besar dapat menyediakan paket asuransi yang mencakup konsultasi medis melalui konsultasi video. Silakan hubungi penyedia asuransi Anda apakah paket Anda mencakup hal ini.
  • Bagaimana cara membayar layanan konsultasi video?
    Platform kami menerima pembayaran online melalui semua kartu kredit utama, termasuk VISA dan Mastercard.
  • Apakah saya bisa mendapatkan surat rujukan dari dokter di Doctor Anywhere?
    Ya, dokter kami dapat mengeluarkan surat rujukan (misalnya spesialis, pengujian laboratorium) dalam situasi yang sesuai secara medis. Setelah konsultasi video, semua surat rujukan akan tersedia dalam aplikasi, jika dokter telah mengeluarkannya.
  • Bisakah dokter di Doctor Anywhere mengeluarkan sertifikat medis?
    Ya, dokter kami dapat mengeluarkan sertifikat medis untuk kondisi yang diperlukan secara medis. Setelah konsultasi video, sertifikat medis elektronik akan tersedia dalam aplikasi, jika dokter telah menerbitkannya untuk Anda.
  • Bagaimana cara membatalkan janji temu terjadwal?
    Setelah Anda memesan janji temu, Anda tidak dapat membatalkannya. Namun, Anda dapat menjadwal ulang ke slot waktu lain yang tersedia. Jika Anda perlu menjadwal ulang janji temu Anda, silakan hubungi tim Dukungan Pelanggan kami di [@doctoranywhere.co.id].
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya melewatkan janji konsultasi video saya?
    Jika Anda melewatkan janji temu, silakan hubungi kami di [@doctoranywhere.co.id]. Tim Dukungan Pelanggan kami akan dengan senang hati membantu Anda.
  • Apa yang terjadi jika saya kehilangan koneksi internet selama konsultasi video saya?
    Jika Anda kehilangan koneksi internet selama konsultasi video, silakan hubungi tim Dukungan Pelanggan kami di [@doctoranywhere.co.id]. Kami akan membantu Anda setelah mendapat kabar dari Anda.
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya meminta konsultasi video tetapi tidak ada dokter yang tersedia untuk merawat saya?
    Jika tidak ada dokter yang tersedia pada waktu yang Anda minta, Anda dapat memilih untuk membuat janji. Jika tidak, silakan hubungi tim Dukungan Pelanggan kami di [@doctoranywhere.co.id] dan kami akan membantu Anda dengan pemesanan janji temu.
  • Apa yang terjadi jika dokter menentukan bahwa kondisi saya tidak sesuai?
    Jika dokter menentukan bahwa kondisi Anda tidak sesuai, ia akan memberi tahu Anda dan menyarankan Anda untuk mencari tindakan tindak lanjut yang sesuai. Tindakan ini dapat mencakup: • Pergi ke dokter umum untuk konsultasi fisik • Pergi ke bagian Kecelakaan & Gawat Darurat di rumah sakit terdekat • Mengunjungi dokter spesialis dengan surat rujukan yang disiapkan oleh dokter
  • Bagaimana cara dokter mendiagnosis saya melalui konsultasi video?
    Dokter yang berpengalaman dan berkualitas tetap dapat mendiagnosis penyakit umum yang tidak mendesak yang dihadapi pasien selama konsultasi video. Ini biasanya dilakukan dengan menilai riwayat kesehatan Anda, gejala yang Anda alami saat ini, dan menilai kondisi Anda selama konsultasi. Jika dokter merasa bahwa kondisi Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, ia akan menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi fisik dalam waktu dua menit setelah konsultasi video. Jika ini terjadi, dokter akan mengakhiri konsultasi dan Anda tidak akan dikenakan biaya.
  • Kapan saya bisa menggunakan layanan konsultasi video?
    Layanan konsultasi video kami berdasarkan permintaan, yang berarti Anda dapat meminta konsultasi video kapan pun Anda membutuhkannya. Selanjutnya, Anda memiliki opsi untuk menjadwalkan janji temu di lain waktu berdasarkan preferensi Anda.
bottom of page